Bupati Way Kanan Umrohkan Partinah Tenaga Kesehatan Lingkungan/Sanitarian Puskesmas Baradatu Kabupaten Way Kanan Terbaik Tingkat Nasional

04 Oktober 2019 | Administrator | 134 Dilihat

Partinah, A.Md. Kl., merupakan salah satu dari 42 orang tenaga sanitarian lainnya dari kabupaten/kota se-Indonesia yang memperoleh penghargaan sebagai Sanitarian Terbaik Tingkat Nasional. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof. Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu (02/10/2019).

Penghargaan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award bagi kabupaten/kota yang telah memperoleh status Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) dan terus mengupayakan keberlanjutannya. Dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, hanya ada 19 kabupaten/kota yang meraih penghargaan tersebut, salah satunya adalah Kabupaten Way Kanan yang merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Lampung yang memperoleh penghargaan tersebut  pada tahun 2019.

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., sangat bangga dengan prestasi tersebut, dan memberikan penghargaan berupa hadiah umroh untuk Partinah, A.Md. Kl, dari UPT Puskesmas Baradatu, karena telah mewakili Kabupaten Way Kanan sebagai Sanitarian Terbaik Tingkat Nasional.

Partinah merupakan salah satu dari beberapa tenaga sanitarian di Kabupaten Way Kanan yang memiliki upaya dan inovasi dalam mendorong percepatan pencapaian ODF di wilayah kerjanya. Tenaga sanitarian puskesmas memiliki tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pemberdayaan masyarakat dalam perbaikan kualitas kesehatan lingkungan untuk memelihara, melindungi dan meningkatkan cara-cara hidup bersih dan sehat.

Prestasi Partinah ini tidak diperoleh dengan mudah, karena butuh kerja keras, dan kegigihan di lapangan dalam bersentuhan langsung dengan masyarakat, bekerja dengan tulus dan penuh semangat untuk merubah pola pikir dan perilaku masyarakat menjadi lebih higienis dan saniter melalui pendekatan STBM. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari semua pihak yang terlibat di lintas program maupun lintas sektor.

Reward Bupati ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan untuk meningkatkan dan memotivasi para tenaga kesehatan lainnya agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal dan menjalin hubungan kerja sama dengan semua pihak, dari tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, kampung, pihak swasta, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga swadaya masyarakat lainnya.