Dinkes Laksanakan Pelayanan SDIDTK secara SERENTAK

25 Juli 2019 | Administrator | 544 Dilihat

Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan Pelayanan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) balita secara serentak diseluruh wilayah kerja UPT Puskesmas se-Kabupaten Way Kanan. Kamis (25/07/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM, M.Kes, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini pertumbuhan (status gizi normal, kurang, buruk, makrocephali, maupun mikrocephali), perkembangan (kelambatan perkembangan, gangguan daya lihat, dan daya dengar), gangguan mental emosional, autisme, hiperaktivitas, dan gangguan pemusatan perhatian pada anak.

Anang juga menjelaskan bahwa pelayanan SDIDTK menjadi sangat penting karena kelainan tumbuh kembang yang dideteksi secara dini akan mendapatkan intervensi yang sesuai. Kelainan tumbuh kembang yang terlambat dideteksi dan diintervensi dapat mengakibatkan kemunduran perkembangan anak dan berkurangnya efektivitas terapi.  

Lebih lanjut Anang menegaskan, dalam upaya pemenuhan hak anak, perhatian terhadap Anak Usia Dini menjadi penting karena merupakan masa emas (golden periode), jendela kesempatan (window opportunity) tetapi juga masa kritis (critical period). Hal ini bermakna, plastisitas otak anak pada masa ini mempunyai sisi positif dan sisi negatif. Sisi positif otak pada masa ini lebih terbuka untuk proses pembelajaran dan pengkayaan, namun sisi negatifnya lebih peka terhadap lingkungan yang tidak mendukung seperti asupan gizi yang tidak adekuat, kurang stimulasi dan tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

Berbagai upaya dilaksanakan untuk meningkatkan potensi anak, salah satunya melalui kegiatan stimulasi perkembangan anak, dan merupakan kewajiban keluarga, masyarakat, serta pemerintah untuk memenuhi hak-hak anak tanpa kecuali, tanpa diskriminasi, dan menghargai pendapat anak. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan upaya yang optimal dari berbagai pihak sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang maksimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.