Ketua TP PKK Kabupaten Way Kanan Mengajak Masyarakat untuk Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

21 Oktober 2019 | Administrator | 212 Dilihat

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Way Kanan, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati, mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Hal ini disampaikan pada acara Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun di Kecamatan Rebang Tangkas, Senin (21/10/2019).

Dessy Adipati menerangkan bahwa cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat, perilaku sederhana ini bisa melindungi kita dari penyakit, seperti diare dan saluran pernafasan, serta dapat mencegah menyebarnya penyakit infeksi.

Lebih lanjut Dessy menyampaikan bahwa cuci tangan pakai sabun harus dilakukan ketika sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, sebelum menyusui dan memegang bayi, setelah menceboki anak, dan setelah buang air besar (BAB).

Kuman penyakit sangat mudah ditularkan melalui tangan. Pada saat makan, kuman dengan cepat masuk ke dalam tubuh dan dapat menimbulkan penyakit. Tangan kadang terlihat bersih secara kasat mata, namun tetap mengandung kuman. Sabun dapat membersihkan kotoran dan merontokkan kuman, tanpa sabun, kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan.

Oleh karena itu, maka cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu perilaku sederhana yang berdampak luar biasa. Mari biasakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, tangan sehat untuk semua.