Pelayanan Hemodialisa sudah bisa dilakukan di RSUD ZAPA Way Kanan

16 Oktober 2019 | Administrator | 291 Dilihat

Pada pasien penyakit ginjal dengan fungsi ginjal yang sudah mengalami penurunan atau yang masih tersisa sudah sangat sedikit, sehingga usaha-usaha pengobatan biasa yang berupa diet, pembatasan minum, obat-obatan dan lain-lain tidak memberi pertolongan yang diharapkan lagi, maka pasien tersebut perlu mendapat pengobatan atau terapi pengganti.

Keadaan pasien dimana fungsi ginjal sudah menurun memerlukan tindakan yang namanya cuci darah (Hemodialisa) untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Dimana pasien dengan gagal ginjal terminal perlu cuci darah 2-3 kali per minggu, dan setiap kali cuci darah butuh waktu rata-rata 4 jam.

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Way Kanan, yang tadinya cuci darah hanya dapat dilaksanakan di rumah sakit di luar Kabupaten Way Kanan, saat ini sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah yaitu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan terutama pasien dengan cuci darah sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi, dikarenakan mulai saat ini cuci darah sudah bisa dilaksanakan di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan.

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., meninjau langsung pelaksanaan pelayanan hemodialisa terhadap pasien yang menjalani pengobatan ginjal dengan cuci darah, yang pada hari ini merupakan hari kedua pelayanan tersebut mulai dilakukan di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan, Rabu (15/10/2019).

Bupati sangat bersyukur atas adanya pelayanan hemodialisa ini, sehingga masyarakat Kabupaten Way Kanan yang membutuhkan cuci darah tidak lagi repot dengan jarak yang jauh dan ongkos transportasi yang mahal. Semoga masyarakat dapat terlayani dengan baik dan sembuh dari penyakit yang diderita, sehingga dapat kembali beraktifitas secara normal.