Penilaian Ombudsman di Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan

04 Juli 2019 | Administrator | 206 Dilihat

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung melaksanakan Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik di Kabupaten Way Kanan. Penilaian Kepatuhan ini dilaksanakan oleh Ombudsman di beberapa SKPD yang memiliki pelayanan publik secara langsung terhadap masyarakat, Dinas Kesehatan merupakan salah satu SKPD yang menjadi obyek penilaian oleh Ombudsman yang telah dilaksanakan pada hari Rabu. (03/07/2019).Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM, M.Kes., menjelaskan bahwa setiap produk pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan selaku instansi penyelenggara pelayanan, memiliki komponen standar pelayanan seperti mekanisme pelayanan, persyaratan pelayanan, jangka waktu pelayanan, biaya/tarif pelayanan, mekanisme dan sarana pengaduan, serta beberapa komponen lainnya yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Setiap komponen standar pelayanan tersebut terpublikasi dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat selaku pengguna pelayanan.

Penyelenggaraan standar pelayanan adalah hal paling standar karena merupakan tolok ukur penyampaian pelayanan. “Jika standar pelayanan saja tidak ada, bagaimana pelayanan yang diberikan bisa berkualitas?”, tegas Anang.

Anang sangat berharap, hasil dari Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik oleh Ombudsman ini tidak berada di zona kuning atau tingkat kepatuhan sedang, apalagi di zona merah atau tingkat kepatuhan rendah, tetapi berada di zona hijau atau tingkat kepatuhan tinggi, sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan dalam memberikan pelayanan publik yang lebih berkualitas. Kamis (04/07/2019).