Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Tenaga Kesehatan dalam rangka Peningkatan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien serta Audit Internal dan Tinjauan Manajemen Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama FKTP

30 Juni 2019 | Administrator | 322 Dilihat

Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan mengadakan Workshop Peningkatan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien serta Audit Internal dan Tinjauan Manajemen Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertam (FKTP), kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan akreditasi dan re-akreditasi Puskesmas se-Kabupaten Way Kanan, dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 24 s.d 28 Juni 2019 bertempat di Aula PKK Kabupaten Way Kanan. Senin (24/06/2019).

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes., dalam sambutannya Anang menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan sebagai bagian dari institusi Pemerintah tentu tetap bersemangat dan selalu komitmen dalam mendukung proses akreditasi semua Puskesmas yang berada di Kabupaten Way Kanan. Workshop ini merupakan salah satu cara Dinas Kesehatan mendukung persiapan Puskesmas dalam menghadapi akreditasi.

“Workshop Keselamatan Pasien ini merupakan kegiatan pendukung akreditasi Puskesmas yang bertujuan memberikan pengetahuan kepada petugas Puskesmas bagaimana peningkatan mutu dan Keselamatan pasien, juga bisa lebih mengoptimalkan peran dan fungsi Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan yang berstandar akreditasi dan memberikan efek nyaman bagi masyarakat yang berobat di Puskesmas”, imbuh Anang.

Workshop ini tentu memberi arti penting bagi tim Puskesmas, agar SDMnya siap mengelola manajemen pelayanan yang bermutu dan berstandar tinggi. Hal terpenting dari kegiatan ini adalah sebagai langkah persiapan menuju akreditasi, dengan penguatan tim Puskesmas dalam mengelola resiko, meningkatkan mutu layanan dan keselamatan pasien. Narasumber kegiatan ini menghadirkan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, terdiri dari dr. Yeny Hasrita Eka Sari dan Irman Thamrin, SKM., M.Kes.

Anang berharap, hasil dari workshop ini mampu meningkatkan etos kerja dan keterampilan para petugas Puskesmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, terkait pengelolaan risiko layanan dan keselamatan pasien. Sebanyak 42 peserta yang ambil bagian dalam workshop ini terdiri dari 6 orang perwakilan tiap Puskesmas, antara lain yaitu Puskesmas Blambangan Umpu, Baradatu, Negeri Baru, Mesir Ilir, Bumi Agung, Negeri Besar, dan Rebang Tangkas.

Blambangan Umpu, 24 Juni 2019.