Persiapan Pemerintah Kabupaten Way Kanan Menuju Kabupaten Sehat Tahun 2019

09 Agustus 2019 | Administrator | 584 Dilihat

Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan menginisiasi untuk mengirimkan usulan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) kepada Pemerintah Pusat secara berjenjang melalui Tim Pembina KKS Provinsi Lampung, dan telah lolos seleksi verifikasi dokumen sehingga akan dilakukan penilaian atau verifikasi lapangan oleh Tim Verifikator KKS Nasional.

Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi, yang disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah.

Salah satu langkah yang disiapkan menuju Kabupaten Sehat adalah dengan mengadakan Rapat Koordinasi Tim Pembina Kabupaten dan Forum Kabupaten Way Kanan Sehat Tahun 2019, yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah terkait, mulai dari Tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, dan Kampung, Organisasi Profesi, dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Way Kanan, yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama Pemda Way Kanan pada hari Rabu (07/08/2019). 

Rakor dipimpin langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., dan DR. Drs. H. Edward Anthony, M.M., yang menegaskan bahwa dibutuhkan kerjasama dan komitmen yang tinggi dari semua pihak untuk bersinergi secara optimal agar mendapatkan hasil yang terbaik sehingga dapat meraih Penghargaan Swasti Saba tingkat Padapa (Pemantapan) Kabupaten Sehat 2019.

Selain rakor, Dinas Kesehatan juga bersinergi dengan instansi lainnya untuk melengkapi berbagai dokumen dan kelengkapan teknis di lapangan, koordinasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, penguatan kelembagaan mulai dari personil, tata administrasi, dan kelengkapan dokumen pendukung lainnya. Semua sektor terlibat secara aktif, dari Tim Pembina Kabupaten, Forum Kabupaten Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan, dan Kelompok Kerja Kelurahan/Kampung Sehat yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Way Kanan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM., M.Kes., menerangkan bahwa konsep kabupaten sehat pada dasarnya adalah untuk peningkatan derajat kesehatan, peningkatan kondisi lingkungan fisik dan non fisik, serta peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan.

Lebih lanjut Anang menambahkan, indikator yang akan dinilai adalah kelembagaan, tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana sehat, dan tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, karena untuk tahap ini Kabupaten Way Kanan baru mengikuti klasifikasi dan kriteria pada tahap Pemantapan, sehingga nantinya jika memenuhi semua kriteria dan lolos verifikasi lapangan akan mendapatkan Penghargaan Swasti Saba Padapa Kabupaten Sehat 2019.

Jum’at (09/08/2019).