Terus Berjuang Mewujudkan Way Kanan Bebas Katarak

25 Agustus 2019 | Administrator | 648 Dilihat

Way Kanan Eye Center merupakan salah satu inovasi unggulan yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penderita katarak. Pelayanan yang diberikan diantaranya adalah Operasi Katarak terhadap 40 (empat puluh) orang pasien yang dilaksanakan pada hari ini. Minggu (25/08/2019).

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan untuk dapat memanfaatkan Way Kanan Eye Center secara maksimal. Saat ini operasi katarak tidak lagi menjadi hal yang menakutkan karena  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju maka metode operasi terpilih untuk katarak adalah dengan menggunakan alat dan teknologi modern yang disebut fakoemulsifikasi, yang telah dilakukan pada lebih dari 95% tindakan operasi katarak di Way Kanan Eye Center.

Dalam fakoemulsifikasi, katarak dipecah menjadi partikel-partikel kecil dan kemudian disedot keluar dari mata tanpa membuat sayatan lebar, hanya membutuhkan sayatan kecil berukuran 2,2 mm. Sayatan kecil itu dapat sembuh dengan sendirinya, dan tidak membutuhkan jahitan setelah operasi, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi saat operasi katarak maupun setelahnya. Teknologi fakoemulsifikasi telah mengalami banyak kemajuan untuk memberikan hasil yang lebih baik sehingga operasi menjadi cepat, mudah, dan aman.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM., M.Kes., menerangkan bahwa katarak adalah suatu kondisi dimana lensa alami yang ada dalam mata menjadi keruh sehingga mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata dan mengakibatkan adanya penurunan tajam penglihatan secara bertahap.

Lebih lanjut Anang menerangkan, penyebab utama katarak adalah proses degenerasi akibat penuaan. Penyebab lainnya meliputi trauma/kecelakaan, peradangan pada mata, kelainan bawaan, dan kondisi-kondisi lain yang lebih jarang ditemui.

Gejala katarak yang biasa mendorong pasien untuk berobat meliputi penurunan tajam penglihatan, pandangan kabur atau buram, berkurangnya kemampuan melihat warna dan kecerahan penglihatan, kesulitan mengemudi di malam hari, dan sering berganti ukuran kacamata/lensa kontak. Pada kondisi yang lebih parah, katarak dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara total (kebutaan).

Operasi katarak sangat disarankan ketika penglihatan sudah terganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan teknologi operasi katarak yang sangat modern, tidak perlu menunggu lama atau menunggu katarak menjadi matang sebelum dilakukan operasi. Way Kanan Eye Center menawarkan operasi katarak yang dapat dilakukan sejak tahap katarak yang paling awal sehingga penglihatan pasien dapat kembali sepenuhnya.

Sebelum dilakukan operasi katarak, setiap pasien harus menjalani serangkaian pemeriksaan lengkap untuk menentukan pilihan tindakan terbaik bagi masing-masing kasus katarak. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, dokter mata yang menangani akan mendiskusikan metode terbaik untuk mencapai hasil yang optimal melalui proses yang aman dan nyaman.

Way Kanan Eye Center, Minggu (25/08/2019).